Rabu, 20 April 2011

Lampu Taman LED Tenaga Matahari

Lampu taman adalah lampu yang dipasang di taman. Kegunaan lampu taman adalah untuk mempercantik taman dan menerangi taman. Lampu taman umumnya dipasang untuk memperindah taman, dan tidak memerlukan sinar yang terang.

Lampu taman memerlukan instalasi kabel listrik. Lampu taman LED tidak memerlukan instalasi kabel listrik, karena lampu taman LED menggunakan tenaga surya. Tenaga surya diterima oleh sel surya yang berada di atas dari lampu taman, energi listrik tersebut disimpan dalam rechargeable battery. Pada waktu sinar matahari tidak bersinar, sensor cahaya akan mendeteksi ketiadaan sinar, maka lampu taman LED otomatis menyala dengan menggunakan catu daya dari baterai. Lampu LED digunakan karena hanya memerlukan tegangan yang kecil. Baterai yang digunakan adalah rechargeable baterai type AA dengan tegangan 1.5 V.
Dengan ujung runjing lampu taman LED dapat ditancapkan di tanah, dan dapat dipindah-pindahkan.
Keunggulan lampu taman LED:
  • Tidak memerlukan instalasi kabel listrik
  • Tidak memerlukan sumber daya listrik PLN. Listrik didapatkan dari sel surya.
  • Dapat dipindah-pindahkan

2 komentar:

  1. wah bagus ya merupakan salah satu alternatif untuk menghemat energi listrik, yang saya tanyakan apakah ada kekurangan dari penggunaan lampu taman LED?

    BalasHapus
  2. Meskipun lampu LED banyak memiliki keunggulan yang sangat banyak, tetapi hingga saat ini penggunaan LED belum tersebar luas, karena biaya produksi LED yang masih mahal. Selain itu masih terdapat kerummitan dalam proses produksinya.
    Terimakasih :)

    BalasHapus